Office

LANGKAH CEPAT MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DI MICROSOFT WORD

Table of Contents

Assalamualaikum., Sobat blogger !!! Jika saat ini sobat sedang membuat skripsi , makalah atau sering membuat dokumen  dengan banyak halaman, membuat daftar isi bisa menjadi tugas yang membosankan dan memakan waktu. Namun, tahukah sobat bahwa Microsoft Word menyediakan fitur daftar isi otomatis yang dapat memudahkan pekerjaanmu? Yuk, simak tutorial berikut untuk belajar membuat daftar isi otomatis dengan cepat dan mudah!"

 

daftar isi otomatis
Sumber : https://unsplash.com/photos/5fNmWej4tAA


LANGKAH CEPAT MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DI MICROSOFT WORD

Daftar isi merupakan bagian penting dari sebuah dokumen, terutama dokumen yang panjang. Daftar isi membantu pembaca untuk memahami struktur dan isi dokumen dengan mudah. Dalam tutorial yang TKJ MANIAK bagikan ini, Sobat blogger akan belajar cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dengan mudah dan cepat.

 

Langkah 1: Menambahkan Judul dan Sub Judul

 

Daftar isi otomatis - 1


Langkah pertama dalam membuat daftar isi adalah dengan menambahkan judul dan sub judul di dokumen Sobat blogger. Pastikan Sobat blogger menggunakan gaya penulisan yang konsisten, seperti ukuran font dan jenis huruf yang sama untuk semua judul dan sub judul.

  

Langkah 2: Memformat Judul dan Sub Judul dengan Heading Style

 

daftar isi otomatis - 2


Langkah selanjutnya adalah memformat judul dan sub judul dengan gaya "Heading". Sobat blogger bisa memilih Heading 1 untuk judul utama dan Heading 2 untuk sub judul. Gaya "Heading" ini akan membantu Microsoft Word mengenali bagian mana yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Untuk melakukan setting Font dan style pada Heading bisa klik kanan pada tulisan Heading lalu pilih "Modify"

 

 Langkah 3: Membuat Daftar Isi

 

daftar isi otomatis - 3


Setelah semua judul dan sub judul sudah diformat dengan gaya "Heading", maka saatnya untuk membuat daftar isi. Klik pada tempat di mana Sobat blogger ingin menempatkan daftar isi. Kemudian pilih menu "References" di atas halaman, dan pilih "Table of Contents" pada menu tersebut.

 

Langkah 4: Menyesuaikan Tampilan Daftar Isi

 

daftar isi otomatis - 4


Jika tampilan daftar isi belum sesuai dengan keinginan Sobat blogger, Sobat blogger bisa menyesuaikan tampilannya dengan mudah. Sobat blogger bisa mengklik pada daftar isi dan pilih "Update Table". Sobat blogger juga bisa memilih gaya tampilan daftar isi yang sesuai dengan preferensi Sobat blogger dengan mengklik pada menu "Table of Contents" dan memilih "Custom Table of Contents".


Langkah 5: Memperbarui Daftar Isi

 

Jika Sobat blogger menambahkan atau menghapus judul atau sub judul di dokumen, maka daftar isi otomatis yang sudah dibuat sebelumnya tidak akan memperbarui secara otomatis. Sobat blogger harus memperbarui daftar isi secara manual dengan mengklik daftar isi dan memilih "Update Table".

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat blogger dapat membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dengan mudah dan cepat. Selain itu sobat juga bisa menghemat waktu dan tenaga ketika membuat dokumen dengan banyak halaman. Daftar isi ini akan membantu pembaca untuk memahami struktur dan isi dokumen dengan mudah dan cepat. Selain itu, penggunaan daftar isi juga dapat meningkatkan kualitas dokumen dan memudahkan pembaca untuk menavigasi isi dokumen.

  

Demikian tutorial singkat dari TKJ MANIAK tentang langkah cepat membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word. Semoga bermanfaat!


Wassalamualaikum.,

Bima Ardhi
Bima Ardhi Blogger || Desainer || Programmer Since 2014

Post a Comment