LANGKAH CEPAT MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DI MICROSOFT WORD
Assalamualaikum., Sobat blogger !!! Jika saat ini sobat sedang membuat skripsi , makalah atau sering membuat dokumen dengan banyak halaman, membuat daftar isi bisa menjadi tugas yang membosankan dan memakan waktu. Namun, tahukah sobat bahwa Microsoft Word menyediakan fitur daftar isi otomatis yang dapat memudahkan pekerjaanmu? Yuk, simak tutorial berikut untuk belajar membuat daftar isi otomatis dengan cepat dan mudah!"
LANGKAH CEPAT MEMBUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DI MICROSOFT WORD
Daftar isi merupakan bagian penting dari
sebuah dokumen, terutama dokumen yang panjang. Daftar isi membantu pembaca
untuk memahami struktur dan isi dokumen dengan mudah. Dalam tutorial yang TKJ MANIAK bagikan ini, Sobat
blogger akan belajar cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dengan
mudah dan cepat.
Langkah 1: Menambahkan Judul dan Sub Judul
Langkah pertama dalam membuat daftar isi
adalah dengan menambahkan judul dan sub judul di dokumen Sobat blogger.
Pastikan Sobat blogger menggunakan gaya penulisan yang konsisten, seperti
ukuran font dan jenis huruf yang sama untuk semua judul dan sub judul.
Langkah 2: Memformat Judul dan Sub Judul dengan Heading Style
Langkah selanjutnya adalah memformat judul
dan sub judul dengan gaya "Heading". Sobat blogger bisa memilih
Heading 1 untuk judul utama dan Heading 2 untuk sub judul. Gaya
"Heading" ini akan membantu Microsoft Word mengenali bagian mana yang
akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Untuk melakukan setting Font dan style pada Heading bisa klik kanan pada tulisan Heading lalu pilih "Modify"
Langkah 3: Membuat Daftar Isi
Setelah semua judul dan sub judul sudah
diformat dengan gaya "Heading", maka saatnya untuk membuat daftar
isi. Klik pada tempat di mana Sobat blogger ingin menempatkan daftar isi.
Kemudian pilih menu "References" di atas halaman, dan pilih
"Table of Contents" pada menu tersebut.
Langkah 4: Menyesuaikan Tampilan Daftar Isi
Jika tampilan daftar isi belum sesuai
dengan keinginan Sobat blogger, Sobat blogger bisa menyesuaikan tampilannya
dengan mudah. Sobat blogger bisa mengklik pada daftar isi dan pilih
"Update Table". Sobat blogger juga bisa memilih gaya tampilan daftar
isi yang sesuai dengan preferensi Sobat blogger dengan mengklik pada menu
"Table of Contents" dan memilih "Custom Table of Contents".
Langkah 5: Memperbarui Daftar Isi
Jika Sobat blogger menambahkan atau
menghapus judul atau sub judul di dokumen, maka daftar isi otomatis yang sudah
dibuat sebelumnya tidak akan memperbarui secara otomatis. Sobat blogger harus
memperbarui daftar isi secara manual dengan mengklik daftar isi dan memilih
"Update Table".
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat blogger dapat membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dengan mudah dan cepat. Selain itu sobat juga bisa menghemat waktu dan tenaga ketika membuat dokumen dengan banyak halaman. Daftar isi ini akan membantu pembaca untuk memahami struktur dan isi dokumen dengan mudah dan cepat. Selain itu, penggunaan daftar isi juga dapat meningkatkan kualitas dokumen dan memudahkan pembaca untuk menavigasi isi dokumen.
Demikian tutorial singkat dari TKJ MANIAK tentang langkah cepat membuat daftar isi otomatis menggunakan Microsoft Word. Semoga bermanfaat!
Post a Comment