MENGENAL APA ITU KECERDASAN BUATAN (AI), PENGERTIAN DAN CONTOHNYA

Assalamualaikum., Selamat datang kembali sobat blogger...!!! Apakah akhir-akhir ini sobat blogger sering mendengar kata AI atau yang merupakan kepanjangan dari Artificial Intelligence ???


Artificial Intelligence yang berarti adalah kecerdasan buatan saat ini memang sedang naik daun, sudah banyak bertebaran dan diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Bahkan AI bisa kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten virtual Google dan Siri contohnya. Kecerdasan buatan memang bukan hal yang baru, namun perkembangannya selalu menjadi sesuatu yang menarik perhatian.


Dalam perkembangan AI selain karena perannya sangat membantu manusia, juga didukung banyaknya kehadiran film fiksi ilmiah yang berkaitan dengan AI. Sehingga semakin menambah ketertarikan orang-orang terhadap AI. Perlu sobat ketahui juga, AI tidak selalu berupa asisten virtual seperti Jarvis pada film Iron Man atau selalu dalam bentuk robot. Namun AI lebih luas dari itu, AI bisa diterapkan dalam berbagai hal dengan menekankan pada kecerdasan mesin yang bisa memberikan respon layaknya manusia.


kecerdasan buatan
Sumber : Photo by Possessed Photography on Unsplash


Saat ini hampir semua perangkat komputer atau teknologi modern telah banyak menerapkan  kecerdasan buatan. Seperti yang diungkapkan sebelumnya AI bisa sobat rasakan saat menggunakan smartphone melalui asisten virtual Google atau Siri. AI diprediksi akan terus berkembang dan lebih cerdas lagi dan kamu tidak dapat menghindarinya.


Mengenal Kecerdasan Buatan, dikutip dari situs Wikipedia Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakarpermainan komputerlogika kaburjaringan saraf tiruan dan robotika. Secara teknis, kecerdasan buatan adalah model statistik yang digunakan untuk mengambil keputusan dengan menggeneralisir karakteristik dari suatu objek berbasis data yang kemudian dipasang di berbagai perangkat elektronik.


Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, atau membuat permainan catur. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh: Pengenalan Objek/Muka, bermain sepakbola.


Walaupun AI memiliki konotasi fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin dan program komputer untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, sains, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer rumah dan video game.


Beberapa Contoh dari Produk Kecerdasan Buatan :




1. Chat GPT

Mengutip dari Wikipedia ChatGPT (Chat Generative Pre-trained Transformer),secara harafiah berarti Transformer Generatif Chat Terlatih) adalah sebuah Chat bot AI berupa model bahasa generatif yang menggunakan teknologi transformer untuk memprediksi probabilitas kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan ataupun perintah teks. ChatGPT dibuat menggunakan  (LLM) GPT-3.5 dan GPT-4 dan telah disetel (pendekatan pembelajran transfer menggunakan teknik pembelajaran terarah dan penguatan.

ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI; sebuah laboratorium penelitian kecerdasan buatan yang berpusat di Ohio,Amerika Serikat. Model ini dapat digunakan tujuan yang beragam, seperti membuat obrolan otomatis di aplikasi percakapan, membantu dalam pembuatan konten, atau bahkan membantu dalam penerjemahan berbagai bahasa dengan tingkat akurasi yang berbeda-beda untuk tiap bahasa.

ChatGPT diluncurkan sebagai prototipe pada 30 November 2022, dan cepat menarik perhatian untuk respons yang detail dan artikulasi jawaban yang baik sepanjang domain pengetahuan yang banyak. Tetapi, akurasi faktual yang bervariasi telah diidentifikasi sebagai kekurangan yang signifikan. Setelah peluncuran ChatGPT, penilaian OpenAI diperkirakan sebanyak US$29 miliar pada 2023.

ChatGPT awalnya berbasis GPT-3.5; GPT-4, model OpenAI yang terbaru, dirilis pada 14 Maret 2023, dan tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus.


e commerce
Sumber :Photo by Mailchimp on Unsplash

2. Rekomendasi E-Commerce

Selanjutnya contoh Konsep penerapan AI yang sering sobat jumpai salah satunya adalah rekomendasi produk pada e-commerce. Mungkin sobat pernah berbelanja di salah satu e-commerce dan ketika sobat berbelanja ada produk-produk yang direkomendasikan untuk sobat. Produk yang direkomendasikan tersebut bukan dari seseorang yang memprediksi kira-kira sobat beli apa ya? Produk rekomendasi tersebut merupakan hasil dari proses AI.

Lalu darimana AI mendapatkan produk-produk yang akan direkomendasikan tersebut? AI memperoleh data dari sobat sendiri, misalnya ketika sobat melakukan pencarian produk, pembelian produk dan sobat sudah melihat produk apa saja. Data tersebutlah yang akan diproses dari konsep AI yaitu data mining sehingga AI akan merekomendasikan produk-produk yang pas buat sobat.


3. Deep Fake Facebook

Salah satu contoh dari AI adalah teknologi DeepFace yang dimiliki oleh Facebook. AI ini berfungsi untuk mengenali wajah orang yang ada pada postingan foto. Dengan teknologi ini, kamu tidak perlu lagi menandai seseorang yang ada pada foto secara manual, karena AI ini yang akan melakukannya.

Mungkin kamu bertanya-tanya, dari mana AI itu mengetahui bahwa orang yang ada pada foto tersebut adalah kamu? Perlu kamu ketahui bahwa sebelum AI dapat mengidentifikasi bahwa orang di foto itu adalah kamu, AI akan dilatih berdasarkan data. Datanya didapatkan saat kamu menandai orang di foto sebelumnya dan dari hasil saran AI terhadap orang yang ada di foto yang kamu setujui. Setelah AI berlatih dan memiliki banyak data maka AI nantinya akan dapat mengidentifikasi seseorang yang ada di foto.


tesla
Sumber :https://unsplash.com/photos/7_OQMgoGzDw


4. AI Otonom Tesla

Selanjutnya contoh dari pada AI adalah pada mobil terbaru buatan Elon Musk yaitu Telsa. Teknologi AI terbaru dari Tesla memang belum dipublikasikan. Penggunaan AI terbaru ini diharapkan bisa meningkatkan kendaraan otonom sampai ketingkat 5. Tesla pun telah berkolaborasi dengan Nvidia untuk mengoptimalkan chip yang terintegrasi dengan AI mereka. Chip tersebut dinilai cukup pintar untuk menggerakkan mobil dengan kemampuan mengemudi sendiri. Chip tersebut juga memiliki kelebihan, yaitu sebagai navigator di jalan-jalan lokal dan memberikan informai mengenai rambu lalu lintas.


Nah, diatas adalah pengertian serta beberapa contoh dari AI , karena kehadiran AI ini apakah mungkin kedepannya pekerjaan yang awalnya dilakukan oleh manusia akan tergantikan oleh AI ? lalu bagaimana nasib kita ??? coba tuliskan pendapat sobat blogger di kolom komentar.


Dari TKJ MANIAK cukup sekian dulu, terimakasih buat para sobat blogger yang sudah selalu setia membaca postingan TKJ MANIAK.


Wassalamualaikum.,

Bima Ardhi

Blogger || Desainer || Programmer Since 2014

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

(sibForm) #title=(Follow by Email) #caption=(Get Notified About Next Update Direct to Your inbox)