MENGENAL MICROSTOCK, JUAL ASSET DIGITAL DAPAT DOLAR !!!

0

Assalamualaikum., Salam sejahtera buat Sobat Blogger yang tiada bosan buat mampir ke Blog TKJ MANIAK. Seperti janji admin pada postingan sebelumnya , bahwa admin akan membahas tentang Microstock Agency atau Mudahnya tempat jualan Asset digital.


Mungkin bagi beberapa sobat blogger sudah familiar dengan kata microstock atau bahkan sudah ada yang menjadi Contributornya dan sudah mendapatkan penghasilan dari microstock. Kalau iya Mungkin Sobat juga bisa berikan pengalamannya di kolom komentar .


Postingan ini admin buat untuk para sobat yang masih belum tau apa itu microstock dan apa saja microstock yang ada dan bisa menghasilkan Cuan, Microstock sendiri hari pertama kali sekitar tahun 2003, yang saat itu sudah banyak menarik perhatian terutama bagi pelaku industri digital kreatif dibidang fotografi. Dapat dikatakan microstock sendiri bukanlah hal yang baru sebagai wadah untuk yang bisa menghasilkan dengan cara menjual karya - karya digital . Ada beberapa microstock yang memiliki perbedaan sistem yang diberlakukan.



Microstock


PENGERTIAN MICROSTOCK

Microstock merupakan sebuah bisnis online untuk mendapatkan uang dari perusahaan / agency microstock, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Microstock Site Companies atau Microstock Agencies. Perusahaan tersebut sebagai  tempat penyedia berbagai macam aset digital seperti foto, illustrator dan video. 


Bisnis microstock ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang dapat memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diajukan agency. Mulai dari pemula, professional atau yang sekedar hobi fotografi. 


Terdapat sebutan khusus bagi orang yang menjual aset digitalnya di perusahaan microstock yaitu Artist/Microstocker. Cara kerja seorang Artist/Microstocker adalah menjual hasil karya mereka berupa aset digital icon, foto, ilustrasi maupun footage kepada Agency Microstock, kemudian mendapat bayaran ketika ada orang yang membutuhkan aset tersebut lalu membelinya / mendownload dari agency microstock tersebut dengan berbagai macam licensi yang disediakan, bayaran tersebut dapat berbentuk US Dollar atau Euro.


Agency microstock bisa memasarkan aset yang telah diupload dan dapat di download berkali-kali tidak satu kali beli saja, jadi keuntungan akan datang berkali-kali selama stock file tersebut di download oleh pengguna yang membutuhkan.


Dalam microstock terdapat kebijakan yang bernama Royalty free. Kebijakan tersebut mengatur bahwa pembeli hanya dapat menggunakan image tersebut beberapa kali di berbagai media tanpa menyalahi aturan. Namun dilarang untuk menjualnya kembali dan hak cipta tetap dimiliki oleh sang Artist/Contributor Microstock bukan milik agensi.


CARA KERJA MICROSTOCK

Bagi sobat blogger yang mungkin masih agak bingung tentang bagaimana cara kerja microstock, berikut penjelasan lebih lanjut dari admin.


    • Jika sobat adalah seorang desainer / fotografer / mungkin hanya hobi membuat karya digital. sobat bisa menjual karya digital sobat tersebut di situs microstock agency

    • Mendaftar sebagai kontributor disitus microstock agency tersebut, ada beberapa microstock agency yang memberi persyaratan agar bisa menjadi contributornya, seperti Freepik dan iStock
    • Setelah terdaftar sebagai kontributor maka sobat dapat melakukan upload karya digital sobat dengan ketentuan yang telah ditetapkan microstock tersebut.
    • pihak dari microstock meriview atau menyeleksi mana karya sobat yang layak untuk diperjual belikan. Jika Acc maka karya sobat akan tampil di pencarian pada microstock tersebut.
    • para pengguna situs microstock  atau user bukan contributor dapat melakukan download dari file yang telah sobat upload ketika mereka melakukan download maka otomatis sobat akan mendapatkan cuan dan besar kecilnya cuan tergantung dari lisenci apa yang mereka beli.


mungkin pada tahap awal sobat blogger mendapatkan download pertama nominalnya akan kecil mulai dari $0.01 - $5 USD dan tidak menutup kemungkinan akan meningkat seiring banyaknya pen download. 

penghasilan dari bisnis ini sejujurnya tidak bisa dijadikan penghasilan utama jika sobat masih dalam tahap pemula dikarenakan banyaknya persaingan dan kualitas dari karya yang dihasilkan, tetapi jika ditekuni mungkin hasilnya akan sangat menjanjikan dan ini akan jadi passive income buat sobat blogger.

BEBERAPA DAFTAR SITUS  MICROSTOCK

Bagi sobat blogger yang mungkin berminat dan ingin menjadi kontributo dari salah satu microstock agency berikut admin menyarankan beberapa situs. dikarenakan admin disini juga merupakan kontribur dari beberapa situs berikut :


        1. FREEPIK

        2. SHUTTERSTOCK

        3. ADOBE STOCK

        4. VECTEEZY


Untuk proses dari pendaftarannya gratis tidak ada biaya sepeserpun tapi untuk di terima menjadi kontributor itu tergantung pada masing masing agency saran admin siapkan karya terbaikmu sebanyak mungkin.


Admin rasa cukup segitu dulu yang bisa admin sampaikan, semoga dapat menjadikan paham bagi sobat blogger. Selamat mencoba menghasilkan Cuan dari internet, tetap semangat dan jangan menyerah!!!


Wassalamualaikum.,

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)