PENGALAMAN DITERIMA GOOGLE ADSENSE DARI BLOGGER TANPA CUSTOM DOMAIN 2023

0

Assalamualaikum..,Sobat Blogger.!!! Alhamdulillah akhirnya saya bisa menulis artikel dengan judul ini sebagai wujud rasa syukur setelah mendapatkan email dari Google Adsense Blog. Pasalnya blog pribadi saya ini sudah diterima menjadi publisher iklan adsense sebagaimana yang teman-teman lihat di beberapa sudut blog sudah nampak begitu indah terpampang iklan-iklan dari Google Adsense yang sudah sangat lama saya impikan.

Sudah sangat lama saya mendambakan iklan AdSense Blog dan Alhamdulillah di bulan Maret 2023 saya menerima email itu. Sebelum saya bagikan kepada teman-teman tentang bagaimana cara saya diterima Google Adsense saya akan bercerita proses perjalanan saya mulai awal ngeblog sampai pada tahap ini.


tkjmaniak adsense



Perjalanan Awal Menjadi Blogger

Sebelum mengenal dunia per-Blogger-an pada tahun 2014 di bangku Sekolah Menengah Kejuruan swasta yang ada di Jawa tengah , saya adalah seseorang yang sangat suka ke warnet dan bermain game online atau sekedar mengerjakan tugas dari sekolah. Seiring berjalannya waktu dan saya sering kali melakukan browsing maka dari itu saya sangat penasaran bagaimana bisa ketika saya mencari sesuatu digoogle dan google dapat menampilkan hal  apa yang saya butuhkan saya sangat ingin tahu apa yang ada dibalik proses tersebut dan bagaimana google bisa melakukan hal menakjubkan itu .

setelah beberapa lama mencari tahu dan akhirnya ketemu jawabannya adalah ketika kita mengetik dipencarian google maka google menjalankan sebuah algoritma dengan mencocokan text yang kita tulis dengan database yang mereka punya , dan database tersebut adalah sekumpulan dari jutaan artikel yang tersebar didunia maya. lalu bagaimana artikel tersebut bisa ada ???

Nah, pertanyaan itu menjawab awal mula saya menjadi seorang blogger , iya blogger adalah orang yang membuat atau memiliki dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif kepada audiens untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Blogger juga merupakan nama layanan blogging dari Google, dengan alamat Blogger.com atau yang sering kita jumpai sebagai Blogspot. 

Akhirnya saya berinisiatif dan membuat akun blogger dan mulai memperlajari blogger ditahun 2014.


Mulai Membuat Blog

Dengan wawasan dunia per-blog-an yang terbatas dan modal serba gratisan, saya mulai membuat beragam model blog dengan menggunakan CMS(Content Management System) dari Blogger.com /  yang sering disebut blogspot, diantaranya blog tutorial dan blog news serta blog artikel tentang dunia komputer dan pada titik ini, orientasinya hanya sebatas tampilan blog menarik, konten artikel banyak dan berlomba-lomba mencari hal apa yang sedang trending demi mengejar traffic.

Dan bagaimana hasilnya?. Hasilnya adalah lelah dan menjenuhkan. Kenapa demikian?. Ini pandangan saya pribadi pasalnya dengan mengelola blog yang banyak tentu bebannya semakin berat. Apalagi ditambah mendapatkan surat penolakan dari Adsense, pasti sakitnya tuh disini.

Disamping itu karena blog yang inginnya saya arahkan fokus pada Niche tertentu membuat saya tidak bisa mengekspresikan pikiran ke dalam artikel di blog  misalnya saja tulisan-tulisan curhatan receh.

Berdasarkan dari kegelisahan ini membuat saya tergerak untuk membuat blog pribadi seperti yang teman-teman lihat sekarang. Karena karakter saya yang random, maka bisa teman-teman lihat artikel-artikel saya di blog ini pun juga random .

Hingga pada tahun 2015 akhir saya harus vakum dari duni blogger ini dan harus bekerja disebuah percetakan di daerah jawa tengah . disamping bekerja saya juga melanjutkan pendidikan saya diperkuliahan dengan mengambil jurusan S1 - Teknik Informatika  pada sebuah kamupus swasta yang ada dijawa tengah.

Perjalanan hidup sungguh melelahkan , hingga pada awal semester diperkuliahan saya mendapatkan tugas untuk menulis artikel di blogger kembali tepatnya pada tahun 2018, waktu itu saya hanya sempat menulis beberapa artikel saja karena tuntutan tugas dari kampus dan setelah itu saya harus vakum lagi .


Penggangguran membuatku CLBK, Cinta Lama Blogger Kembali

Siapa yang menyangka, saya mengalami sebuah insiden yang membuat saya harus berhenti bekerja dan melanjutkan mencari pundi pundi uang dari rumah. Akhirnya saya mencoba beberpa hal agar bisa mendapatkan income kembali meski hanya bekerja dari rumah salah satunya adalah dengan kembali keblogger , membuat youtube channel dan menjadi freelancer contributor di agensi asset digital.

Kemudian dengan wawasan yang masih taraf newbie.  Saya berusaha memperbaiki semua semampunya. Saya mulai kembali mencari referensi dari para mastah praktisi blogger untuk menambah pengetahuan agar saya tahu dimana bagian-bagian yang harus diperbaiki.

Tanggal 10 Maret 2023 saya mengajukan blogger saya yang tanpa melakukan custom pada domain name ke Google AdSense menggunakan email pribadi yang dulu pernah ditolak . Tidak membutuhkan waktu lama, Alhamdulillah pada tanggal 15 Maret 2023, 5 hari masa peninjauan, inbox gmail dari AdSense yang berjudul "Situs Anda sekarang siap menayangkan iklan AdSense" saya terima. Satu tahap perjuangan sudah saya lewati dan tahap perjuangan berikutnya telah menanti.

Hingga akhirnya saya dapat menampilkan iklan dari blog saya dan bisa mulai mendapatkan income sedikit demi sedikit.

Akhir kata kepada para sobat blogger saya ingin mengucapkan banyak banyak terimakasih karena sudah sering berkunjung ke blog TKJ MANIAK dan membaca disana walaupun sebentar kurasa itu sangat berarti bagi saya dan juga kepada para master blogger terdahulu yang sangat membantu saya ucapkan terimakasih.

Semoga cerita pengalaman saya ini bermanfaat bisa menggugah minat teman-teman menjadi blogger. Bagi teman-teman blogger yang berjuang untuk mengajukan AdSense Blog teruskan perjuangannya, yakin bahwa nanti teman-teman akan ketemu manisnya hasil perjuangan teman-teman.


Wassalamualaikum.,

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)