MELAKUKAN PERBAIKAN & PERAWATAN KOMPUTER

0

Assalamualaikum., Sobat Blogger...!!! Salam Sejahtera untuk semua Sobat Blogger dimanapun berada . TKJ MANIAK mau berbagi sedikit tips tentang bagaimana melakukan perbaikan & perawatan pada hardware komputer. Buat sobat yang mungkin mengalami beberapa masalah pada hardware komputernya dan mungkin enggan buat membawanya ke tukang service sobat bisa nih mencoba tips dari TKJ MANIAK , mungkin bisa mengatasi beberapa masalah tersebut .


Melakukan perbaikan & perawatan Komputer
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/melayani-komputer-memperbaiki-428539/

PERSIAPAN

Sebelumnya melakukan perbaikan atau perawatan pada komponen hardware komputer setidaknya sobat persiapkan dulu beberapa peralatan yang dibutuhkan  :

  1. Obeng
  2. Tang
  3. Kuas
  4. Kain Kering
  5. Penyedot Debu
  6. Solder (bila diperlukan)
  7. Avometer (bila diperlukan)

LANGKAH KERJA

Setelah semua peralatan yang dibutuhkan telah disiapkan maka selanjutnya sobat bisa melakukan langkah-langkah perbaikan /  perawatan hardware komputer dibawah ini  :

  1. Persiapan alat untuk perbaikan
  2. Diagnosa kerusakan-kerusakan
  3. Menemukan bagian yang rusak
  4. Melakukan perbaikan

 

PERBAIKAN KOMPUTER

HARDWARE KOMPUTER YANG SERING BERMASALAH

Berikut ini adalah beberapa contoh masalah yang sering terjadi pada hardware komputer dan bagaimana cara menanganinya.


A. Keyboard

Ketika komputer sobat tidak mengenali keyboard yang ada dan komputer memunculkan pesan error yang biasanya berbunyi :


"keyboard error or no keyboard present”

maka yang perlu sobat lakukan adalah sebagai berikut :

    • Periksa konektor keyboard pada komputer sobat
    • Lalu hidupkan kembali komputer sobat , lalu cek apakah keyboard sudah normal / tidak
    • Kalau tidak coba ganti dengan keyboard yang normal dulu , dan jika masih tetap sama tidak bisa berarti port keyboad pada komputer yang rusak
    • Port yang rusak akibat soldier yang rusak bisa sobat soldier ulang 

    • Jika ada kerusakan lain seperti tombol keyboard macet atau salah satu tombol tertekan secara terus menerus  , coba sobat bersihkan keyboard sobat dengan kuas dan kain kering serta penyedot debu , karena biasanya kerusakan ini disebabkan debu yang banyak menempel dikeyboard. 


B. Monitor

Debu pada monitor akan membuat layar menjadi buram  dan jika debu tersebut sudah menempel pada layar kemudian cara membersihkannya tidak benar maka akan dapat menggores layar monitor. Selain pada layar debu juga dapat menutupi ventilasi udara pada monitor hal ini yang menimbulkan panas berlebihan pada monitor.
Untuk kotoran cair yang masuk kedalam monitor dapat merusak komponen didalam monitor dan parahnya bisa menyebabkan konslet pada monitor lalu terbakar. Sebelum hal itu terjadi maka sebaiknya sobat melakukan perawatan pada monitor sobat agar senantiasa bersih dan juga jauh dari masakah tersebut , maka yang perlu sobat lakukan adalah sebagai berkut :

    • Bersihkan debu yang menempel dengan kain dan juga cairan pembersih monitor , hati-hati dalam menggunakan cair tersebut jangan sampai masuk kedalam monitor
    • Pastikan pada saat membersihkan , monitor dalam keadaan mati
    • Gunakan juga penyedo debu agar debu-debu yang sulit terjangkau dengan kain bisa hilang  
    • Lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin agar monitor komputer sobat terawat dengan baik 


C. FAN

Fan adalah kipas yang berada didalam CPU , fan sangat sering terkena debu bila komputer terletak pada ruangan terbuka. Karena fan bekerja dengan cara menyedot udara  yang biasanya terdapat debu dan lama-kelamaan debu tersebut akan tertimbun di fan dan akan menyebabkan perputaran fan terhambat.

Maka yang perlu sobat lakukan adalah :

    • Membasahi kain dengan air
    • Lakukan pembersihan pada fan 
    • Ulangi lagi dengan kain yang kering
    • Jangan sampai ada debu atau kotoran yang tertinggal


D. MOUSE

Mouse merupakan hardware komputer yang paling rawan terkena kotoran , baik debu maupun kotoran cair , apalagi mouse yang masih menggunakan trackball dan juga pada bawah mouse tidak tidak ada alas khusus mouse akan membuat mouse menjadi tidak responsif atau kadang malah tidak bisa digunakan . maka sobat perlu melakukan beberapa hal berikut :

    • Bersihkan mouse dengan kain basah
    • Pastikan saat membersihkan mouse tidak tertancap pada CPU
    • Kalo sobat ingin lebih bersih bongkar saya mouse nya jika bisa menggembaikan seperti semula hehe , kalo tidak cukup bersihkan dari luar saja 
    • Taruh alas khusus buat mouse agar mouse dapat digunakan dengan baik.

E. PRINTER

Printer ini merupakan hardware tambahan, yang memang tidak setiap orang yang punya komputer akan memiliki printer juga , jika sobat punya printer dirumah semoga tips ini bisa membantu sobat . printer adalaah peripheral yang sangat mudah terkena kotoran baik cairan maupun debu. Debu akan mengakibatkaan roller pemutar kertas menjadi terhambat hal ini akan terjadi jika debu sudah menumpuk terlalu banyak , sedangkan untuk kotoran yang cair yang disebabkan oleh tinta yang tumpah selain akan mengotori printer tinta dapat mengotori head/ catidge printer , karena catridge merupakan komponen yang penting pada printer maka tinta yang berlebihan dan tumpah akan menyebabkan catridge rusak.


PERAWATAN KOMPUTER

Beberapa Tools / software yang biasanya digunakan untuk melakukan perawatan pada komputer / laptop adalah sebagai berikut :

    • Device Manager
    • Direct X
    • BIOS
    • Scan Disk
    • Disk Management
    • HDD Sentinel / Disk Catalyst
Untuk penjelasan dari masing-masing tool akan admin bahas pada postingan selanjutnya.


Sepertinya itu dulu yang bisa TKJ MANIAK sampaikan kepada para sobat blogger semoga bermanfaat buat sobat blogger. Terimakasih sudah mampir.

Wassalamualaikum.,

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)