BELAJAR INSTAL OS

0
Assalamualaikum., Sobat Blogger ,,, Kali ini Admin TKJ MANIAK mau membagi sedikit tutorial nih buat sobat blogger. Bagi sobat blogger yang ingin BELAJAR INSTAL OS (SISTEM OPERASI), tapi sobat belom yakin untuk menginstalnya langsung pada pc / laptop sobat ???

Sobat bisa belajar instal dulu kok langkah-langkah instalnya, dengan aplikasi yang bernama Virtual Box. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi open source yang bisa digunakan sebagai virtual device untuk instalasi berbagai macam sistem operasi.


Langsung saja yah ke tutorialnya, disini admin menggunakan sistem operasi windows 10 sebagai contohnya.


Persiapan Instalasi


Pesiapan Sebelum melakukan instalasi windows 10 pada virtualbox adalah sebagai berikut :

  • Pastikan terdapat aplikasi virtualbox pada laptop / komputer sobat.
  • Mempunyai file .iso windows 10.
  • Memiliki laptop atau komputer dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi virtualbox tanpa kendala.

Langkah – langkah instalasi


1.  Buka aplikasi virtualbox. Maka akan muncul halaman utama virtualbox seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya klik tombol Baru.
 
Belajar Instal OS



2.  Kemudian akan muncul layar kerja baru seperti pada gambar di bawah ini. Yang harus dilakukan pada tahap ini adalah membuat nama file penyimpanan virtualbox, memilih type sistem operasi yang akan diinstal dan memilih versi sistem operasi berapa yang akan diinstal.
 
Belajar Instal OS

Setelah semuanya diisi dan dipilih dengan benar, selanjutnya klik tombol Lanjut.


           
3.  Yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengalokasikan berapa ukuran memori (RAM) yang digunakan untuk menjalankan aplikasi virtual ini. Sebaiknya tidak usah dirubah ya sobat tinggal klik lanjut saja.
Belajar Instal OS - 3

            
4.  membuat hard disk virtual untuk mempermudah proses penginstalan nantinya. Pilih opsi Buat hard disk virtual sekarang , Lalu klik Buat .
 
Belajar Instal OS - 4



5.  Selanjutnya disuruh untuk memilih tipe berkas hard disk, pilih tipe VDI (Virtualbox Disk Image)yang merupakan default-nya , lalu klik  lanjut.
 
Belajar Instal OS - 5


6.  Sebaiknya sobat memilih opsi Dialokasikan secara dinamik, lalu klik lanjut.
Belajar Instal OS - 6


7.  Ketahap selanjutnya, menentukan ukuran hard disk virtual. Disarankan minimal ukuran hard disk virtual sebesar 32GB dan boleh lebih sesuai dengan keinginan sobat. Untuk tutorial ini saya memberikan ukuran hard disk virtual sebesar 150GB (tidak harus sama). Selanjutnya klik tombol Buat .

Belajar Instal OS - 7

8.  Sebuah file virtual dengan nama windows 10 telah selesai dibuat. Langkah selanjutnya adalah mengklik tombol Mulai yang ada icon panah kanan berwarna hijau .

Belajar Instal OS - 8



9.  Memasukkan file ISO windows 10. Klik icon folder.
 
Belajar Instal OS - 9

10.  Kemudian cari file ISO windows 10 yang ada dikomputer sobat. Klik file ISO windows 10 tersebut dan klik tombol Open.


Belajar Instal OS - 10

 
11.  File ISO windows 10 telah berhasil dimasukkan dan selanjutnya penginstalan windows 10 akan dimulai, langsung saja klik tombol Mulai.
 
Belajar Instal OS - 11


12.   Proses penginstalan windows 10 akan segera dimulai. Gambar di bawah ini menunjukkan proses loading dari windows 10.
 
Belajar Instal OS - 12


13. Selanjutnya akan muncul layar kerja untuk mengatur bahasa penginstalan, format waktu dan mata uang, serta metode input keyboard. Untuk setting yang perlu dirubah adalah pada bagian Time and currency format (format waktu dan mata uang) dirubah menjadi Indonesian , setelah pengaturan selesai kemudian klik Next.


Belajar Instal OS - 13


14.  Selanjutnya klik tombol Install now.

Belajar Instal OS - 14
 

15.  Akan muncul ketentuan/persyaratan instal windows 10 dari Microsoft. Ketentuan ini dituliskan dalam bahasa inggris dan jika ingin membacanya, silahkan saja karena akan lebih baik jika memahami isi dari semua teks tersebut. Apabila tidak membacanya,langsung saja centang pada opsi  "I accept the license terms". Artinya sobat menyetujui semua ketentuan dan persyaratan dari Microsoft. Lalu klik tombol Next

Belajar Instal OS - 16 

16.  Kemudian akan ada dua opsi pilihan, yaitu Upgrade dan Custom. Upgrade digunakan untuk memperbarui windows sebelumnya yang terinstal di komputer. Sedangkan Custom digunakan untuk melakukan penginstalan ulang secara keseluruhan , untuk menginstal windows 10 pilih opsi yang kedua, yaitu Custom : Install Windows only (advanced).

Belajar Instal OS - 17


17.  Akan muncul pemberitahuan mengenai hard disk dan tentunya masih dalam keadaan kosong. nah disini sobat klik saja next karena ukuran hardisknya cuma 32 Gb jadi tidak usah dipartisi . lain halnya jika sobat instalasi secara langsung dan hardisk yang sobat punya berukuran lebih dari 320 Gb maka sobat harus mempartisinya.


Belajar Instal OS - 18

18. Proses penginstalan akan segera dimulai. Tunggu sampai selesai yaaa
 
Belajar Instal OS - 18

setelah selesai nantinya melakukan Restart secara otomatis. 

19.  Masih ada proses selanjutnnya tunggu saja ya sobat ,
 
Belajar Instal OS - 19


20.  Setelah prosesnya selesai maka muncul tampilan seperti dibawah, klik pada Use Express settings.
 
Belajar Instal OS - 20

21. Kemudian sistem akan bertanya siapakah yang memiliki PC ini? sobat tinggal isi sesuka hati sobat , kalo mau ditambahkan password juga bisa tinggal diisi saja passwordnya, selanjutnya klik next.


Belajar Instal OS - 21


22.  Proses selanjutnya adalah sistem memasang aplikasi bawaan windows . Tunggu saja ya sobat ,,

Belajar Instal OS - 22


23.  Selesai ... dan ini adalah tampilan windows 10.


Belajar Instal OS - SELESAI



Sekian sobat, tutorial yang bisa admin sampaikan semoga bermanfaat ya buat sobat blogger ,,
jangan bosen ya baca postingan saya ... terimakasih 😀


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)